Sendratari Ramayana Balekambang Juni Lakon Sinta Obong

Foto: Andika F Putri

Seperti halnya penyelenggaraan Sendratari Ramayana Balekambang sebelum-sebelumnya, bulan Juni ini Sendratari Ramayana Balekambang akan digelar pada malam Jum’at pertama sebelum bulan purnama penuh dan tepatnya adalah besok pada hari Jum’at, 8 Juni 2012. Pertunjukan sendratari yang digunakan untuk promosi wisata kota Solo Surakarta juga sarana penumbuh kembangan sanggar-sanggar seni kali ini akan membawakan lakon “Sinta Obong”.

Dalam pementasan kali ini adalah kesempatan bagi Sanggar Metta Budaya Surakarta untuk unjuk kebolehan pada Jum’at malam nanti. Dengan sutradara Joko Sudiyono dan penata tari Wahyu Sapto Pamungkas, Sanggar Metta Budaya Surakarta akan menampilkan lakon Sinta Obong yang istimewa. Istimewa karena kolaborasi sutradara dan penata tari ini akan menggabungkan seni tradisi juga kreasi dalam garapan yang akan dibawakan oleh 110 penampil segala usia.

Lakon dalam Sendratari Ramayana Balekambang kali ini adalah Sinta Obong. Sinta Obong sendiri adalah cerita tentang kisah kesetiaan Dewi Sinta pada Rama. Kesetiaan Dewi Sinta diwujudkan dalam menjaga kesucian cintannya yang digoda oleh tokoh Dasamuka penguasa Alengka. Dalam sajian pentas kolosal kali ini sebuah Tari Maniputri akan menjadi pembuka pertujukan yang akan dibuka pada jam 8 malam nanti dan masih gratis di Open Stage Taman Balekambang.

Sponsored Links

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>