Agenda Acara Kota Solo Bulan Juni 2013

Agenda Acara Kota Solo Bulan Juni 2013

Agenda budaya kota Solo telah memasuki bulan ke-enam pada tahun 2013 ini. Berbagai jenis kegiatan seni dan budaya serta kegiatan lainnya masih akan ramai ditemui pada bulan ini. Baik itu kegiatan di bawah koordinasi Pemerintah Kota Surakarta atau institusi dan kelompok atau komunitas mandiri.

Agenda Acara Kota Solo Bulan Juni 2013 akan dibuka dengan Pesta Film Solo #4 oleh Kine Klub FISIP UNS. Di akhir bulan kalender agenda budaya kota Solo akan ditutup dengan agenda baru yaitu Frame of Solo (FOS) Photo Contest.

Masih banyak lagi berbagai kegiatan dalam event kota Solo untuk bulan ini. Diantaranya, yang paling populer, adalah Solo Batik Carnival 2013 dan Tingalan Jumenengan Dalem Ke-9 ISKS Paku Buwana XIII. Selain itu masih dapat juga disaksikan berbagai pertunjukan dan pergelaran seni seperti pergelaran seni dan budaya, baik yang rutin setiap bulan atau tidak.

*DALAM KALENDER INI JUGA COBA KAMI TAMBAHKAN BEBERAPA UPACARA ADAT ATAU TRADISI JUGA PROSESI YANG SUDAH MASUK DALAM AGENDA WISATA BUDAYA DI BEBERAPA WILAYAH YANG MASIH TERMASUK DALAM KAWASAN SOLO RAYA. TERTULIS DALAM HURUF BALOK

Dari begitu banyak kegiatan yang diagendakan pada bulan ini. Sebagian besar dapat dijadikan tujuan wisata kota Solo yang bersifat wisata budaya. Berikut secara komplit dan lengkap Agenda Acara Kota Solo Bulan Juni 2013:

*Tertulis miring adalah agenda acara yang masuk dalam kalender Pemerintah Kota Surakarta.

30 Mei – 1 Juni 2013, Kamis – Sabtu, Pesta Film Solo #4 di Teater Arena Taman Budaya Jawa Tengah

Kine Klub FISIP UNS kembali menggelar Pesta Film Solo yang memasuki penyelenggaraan ke-empat. Tidak berbeda dengan format pada tahun-tahun sebelumnya, tahun ini beberapa film masih dapat disaksikan secara gratis lewat program pemutaran yang dibuka di Teater Arena Taman Budaya Jawa Tengah.

Beberapa film seperti film dokumenter, film pendek, box office Indoensia, hingga film-film penerima penghargaan Internasional dapat disaksikan dalam program pemutaran. Selain pemutaran film, akan hadir juga beberapa sosok perfilman Indonesia dalam kegiatan ini. Diantaranya adalah Tonny Trimarsanto, Yosep Anggi Noen, Eddie Cahyono, Dwi Sujanti Nugraheni, dan Steve Pillar bahkan juga Joko Anwar dan Ifa Isfansya.

Pesta film Solo #4 dengan tajuk “Moviemorphosis” dibuka setiap hari selama penyelenggaraan dari jam 2:00 siang hingga jam 10:00 malam. Simak info lebih lanjut lewat @kineunssolo.

1 Juni 2013, Sabtu, Gebyar Budaya di Pasar Malam Ngarsopuro

Gebyar Budaya adalah Pagelaran Seni dan Budaya Mahasiswa FSSR UNS yang digelar di Ngarsopuro mulai jam 6:00 sore. Berbagai jenis hiburan akan disuguhkan dalam kegiatan ini seperti tarian tradisional, teatrikal, musikalisasi puisi, drama parodi, akustik, pentas musik, Tari Saman, perkusi, karawitan, pedalangan, pameran seni, dan masih banyak lagi lainnya.

Info lebih lanjut dapat menghubungi Fitri: 0857 2942 6140.

1 Juni 2013, Sabtu, Pergelaran Wayang Kulit Dalam Rangka Bulan Bakti Pancasila di Balaikota Surakarta

Lakon “Dewa Ruci” bersama dalang Ki Sri Joko Raharjo, M.Sn.

2 Juni 2013, Minggu, Perayaan HUT Ke-3 Car Free Day (CFD) Solo

Mulai dari jam 7:00 pagi, AKSEL (Aksi Keselamatan) mengajak ribuan warga Solo untuk ikut dalam flashmob HUT Ke-3 CFD. Aksi ini diharapkan akan membuat rekor MURI theatrical dance simulasi aksi keselamatan lalu lintas terpanjang dan terbanyak. Beberapa kegiatan yang diagendakan dalam perayaan ini adalah dancemob, karnaval komunitas, teatrikal bahaya berlalulintas, pelepasan 2000 balon, dan flashmob.

2 Juni 2013, Minggu, Workshop Sastra Karakter dan Penokohan dalam Cerpen di Balai Soedjatmoko

Mulai jam 9:30 pagi.

2 Juni 2013, Minggu, Pergelaran Wayang Kulit Dalam Rangka Bulan Bakti Pancasila di Balaikota Surakarta

Lakon “Gandamana Tundhung” bersama dalang Ki M. Ng. Aji Setiyaji Lebda Carita, S.Sn.

3 Juni 2013, Senin, Pergelaran Wayang Kulit Dalam Rangka Bulan Bakti Pancasila di Balaikota Surakarta

Lakon “Tumuruning Jamus Kalimasada” bersama dalang Ki Dr. Suyanto

4 Juni 2013, Selasa, Tingalan Jumenengan Dalem Ke-9 ISKSPB XIII di Keraton Surakarta

Tingalan Jumenengan adalah perayaan peringatan kenaikan tahta Ingkang Sinuwun Kanjeng Sunan (ISKS) Paku Buwana XIII sebagai raja di Keraton Kasunanan Surakarta. Dalam peringatan kenaikan tahta ini selalu digelar tarian sakral Bedaya Ketawang. Tarian yang dibawakan oleh penari khusus di hadapan raja. Dalam peringatan ini, raja juga biasa memberikan penghargaan kepada beberapa orang yang dianggap berjasa.

Pada peringatan tahun 2012 yang lalu, keraton juga menggelar kirab mengelilingi keraton. Dalam kirab itu, dua sosok paling menonjol adalah KGPH PA Tedjowulan dan Paku Buwono XIII Hangabehi. Kedua sosok yang sudah melewati proses rekonsiliasi akhirnya bersanding dalam kirab itu. Paku Buwono XIII Hangabehi berkendara dalam kereta kencana sementara KGPH PA Tedjowulan menunggang kuda.

4 Juni 2013, Selasa, Pergelaran Tari Modern di Teater Arena TBJT

Pergelaran tari modern kembali menghadirkan beberapa karya diantaranya adalah “Cikeruhan” oleh Legaria Jumpriz, “Genjring Party” oleh Niken Tri Haryati (Teater Delik), dan “Sembah” oleh Komunitas 2012 ISI Surakarta. Mulai dari jam 7:30 malam.

4 Juni 2013, Selasa, Pergelaran Wayang Kulit Dalam Rangka Bulan Bakti Pancasila di Balaikota Surakarta

Lakon “Kresna Duta” bersama dalang Ki M. Ng. Cahyo Kuntadi Reksa Budaya, S.Sn., M.Sn.

5 Juni 2013, Rabu, Pentas X-Traktor Bersama Owah di GOR Manahan

Pentas dagelan Owah akan kembali menghibur pada 5 Juni 2013 di GOR Manahan. Mulai jam 7:30 malam dengan tiket Rp 12.000 akan tampil beberapa sajian selain dagelan yaitu Otniel Tasman Dance dan Pop Radio Band, Doel Sumbing, Wawin Lawra, Ekowi, Tera Sudiro, Mamank Tse, Londo Berseri, Bibi Dasima, Widi Kocrit, Adi Ben Slamet, dan Max Baihaqi. Tiket pentas ini dapat dibeli di beberapa lokasi seperti Solo Radio, Mommilk atau Kopma UNS.

5 Juni 2013, Rabu, Pergelaran Wayang Kulit Dalam Rangka Bulan Bakti Pancasila di Balaikota Surakarta

Lakon “Raden Ekalawya” dengan dalang Ki Eko Prasetyo, S.Sn. menjadi lakon terakhir acara pergelaran wayang kulit dalam rangka Bulan Bakti Pancasila di Balaikota Surakarta.

6 Juni 2013, Selasa, Parade Hadrah di Sepanjang Slamet Riyadi

Parade seni hadrah kembali akan diarak di sepanjang Jalan Slamet Riyadi pada 6 Juni 2013 nanti. Selain unjuk kemampuan dalam mobil-mobil yang sudah dihias, para peserta ini biasanya juga akan berkumpul di Alun-Alun Utara. Di sana, kelompok-kelompok seni hadrah itu akan kembali unjuk kebolehan.

6 -7 Juni 2013, Kamis – Jum’at, Pentas Teater Tesa “Paragraf Dalam Hujan” dan “Mengeja Kabut” di Sanggar Teater Tesa FSSR UNS

Teater Tesa kembali menggelar pentas selama dua malam bulan ini. Kali ini bersama sutradara Basuki Monyos dengan naskah Meong Purwanto berjudul “Paragraf Dalam Hujan” dan “Mengeja Kabut”. Pentas sendiri akan dimulai dari jam 8:00 malam selama dua hari penyelenggaraan.

7 Juni 2013, Jum’at, Pertandingan Persahabatan Timnas Sepakbola Indonesia Vs Belanda di Gelora Bung Karno

Kick off jam 7:00.

7 Juni 2013, Jum’at, Konser Musik Mahadewa di Diamond Hall Solo

Konser musik musisi ibu kota akan hadir di kota Solo dengan tiket masuk Rp 25.000. Adalah Mahadewa “Ahmad Dhani” yang kali ini tampil di hadapan publik Solo mulai dari jam 8:00 malam hingga selesai.

7 – 9 Juni 2013, Jum’at – Minggu, Kemah Budaya di Bumi Perkemahan Jurug

Diikuti oleh siswa dari SD, SMP, dan SMA.

8 Juni 2013, Sabtu, Workshop Wayang Sada di Balai Soedjatmoko

Sada (sodho) atau lidi dalam Bahasa Indonesia adalah salah satu hasil dari pohon kelapa yang biasa digunakan untuk membuat sapu secara tradisional oleh masyarakat Jawa. Tapi tahukah bahwa lidi juga bisa digunakan sebagai bahan pembuat wayang-wayangan?

Masyarakat Gununga Kidul, kawasan dengan banyak pohon kelapa, biasa menjadikan lidi untuk kerajinan itu. Dan karen itu wayangnya pun dinamai Wayang Sada (Wayang Lidi). Pada kesempatan kali ini Balai Soedjatmoko menggelar workshop terbuka untuk umum tentang Wayang Sada. Workshop Wayang Sada akan dimulai dari jam 9:30 di Balai Soedjatmoko.

8 Juni 2013, Sabtu, Laga Persahabatan Timnas Sepakbola U-23 Indonesia Vs U-23 Singapura di Stadion Manahan

Menggelar training center di Jogja, ternyata tim nasional sepakbola Sea Games U-23 menjadwalkan laga persahabatan melawan timnas U-23 Singapura di Stadion Manahan. Laga ini dapat disaksikan dari jam 7:00 malam di Manahan sebelum nantinya pertandingan kedua digelar di Singapura.

8 Juni 2013, Sabtu, Tingalan Wiyosan Sabtu Pon-an di Pendapa Prangwedanan Pura Mangkunegaran

8 Juni 2013, Sabtu, Haul Mantan Presiden Soeharto di Dalem Kalitan

Haul mantan Presiden Ke-2 HM Soeharto akan digelar di Dalem Kalitan. Tahlil, dzikir, dan sholawat bersama Habib Syekh bin Abdul Qadir Assegaf akan menjadi puncak kegiatan ini. Acara ini akan dimulai dari jam 7:30 malam hingga selesai.

9 Juni 2013, Minggu, Srawung Seni Lingkungan Hidup di Padepokan Lemah Putih

Padepokan Lemah Putih kembali menggelar sebuah kegiatan yang kali ini digelar dalam rangka Hari Lingkungan Hidup. Kegiatan bertem lingkungan ini dirangkai dalam sebuah kegiatan dengan format kesenian namun tetap berkaitan denganpertanian dan lingkungan hidup seperti tari, puisi, teater, musik dan instalasi. Ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini nantinya adalah seniman-seniman dari Klaten, Solo, Sragen, Yogyakarta, Banyumas, Selayar, Karanganyar, Polandia dan United Kingdom.

Kegiatan Srawung Seni Lingkugnan Hidup akan berlangsung pada Minggu, 9 Juni 2013, dari jam 9:00 pagi hingga selesai di padepokan Lemah Putih, Bonorejo Rt 1 Rw 2 Plesungan, Gondangrejo, Karanganyar, Solo, Indonesia. Informasi lebih lanjut Desti: 0812 1526 809.

10 Juni 2013, Senin, Klenengan Selasa Legen Paguyuban Bengawan Solo di Balai Soedjatmoko

Mulai jam 7:00 malam.

10 Juni 2013, Senin, Pertunjukan Musik Balada “Mencintaimu Adalah Mencintai Hidup” di Taman Waridi, Kepatihan Art Space

Penampil: Baskoro Ibnu Sukodok, Guntur T Cunong, Tutut, Anton Sakral, Ciu Cahyono, dan Bokir Surogenggong. Bertempat di Kepatihan Art Space di Jl Sangihe No. 12 Kepatihan Wetan. Mulai jam 7:30 malam.

10 – 11 Juni 2013, Senin – Selasa, UNS Green Culture Festival 2013 di Kampus UNS

Green Culture Festival 2013 di lingkungan kampus UNS mengajak anak muda untuk berbudaya hijau dengan berbagai jenis kegiatan. Baik itu pentas pertunjukan, lomba, workshop, atau seminar. Beberapa kegiatan yang dapat diikuti dalam UNS Green Culture Festival 2013 adalah:

1. Kompetisi fotografi “Anak Manusia dan Alam”.

2. Talkshow “Green Living and Youth Creativity, Gaya Hidupku Gaya Hidup Hijau” bersama Inayah Wahid dan Melani Subono. 10 Juni 2013, Senin, bertempat di Aula Gedung B FMIPA UNS. Mulai dari jam 1:00 siang. Info lebih hubungi Nur: 0857 3645 5467.

3. Kompetisi fashion “Keindahan Di Balik Bahan Daur Ulang” bertempat di LPPM UNS. 11 Juni 2013 mulai dari jam 9:00 pagi. Technical meeting digelar pada 10 Juni 2013 pada jam 3:00 sore.

4. Workshop fotografi bersama Raditya Helabumi, pewarta Kompas, pada 11 Juni 2013 mulai dari jam 12:15 siang.

Lihat informasi secara komplit di tautan berikut!

12 Juni 2013, Rabu, Pentas Teater “Bu Juragan” Teater Peron di Teater Arena TBJT

Teater Peron kembali hadir menyuguhkan kali ini lakon “Bu Juragan” karya dan sutradara Angga RR. Pentas akan dimulai dari jam 7:30 malam di Teater Arena.

12 – 13 Juni 2013, Rabu – Kamis, Keraton Art Festival di Siti Hinggil, Keraton Kasunanan Surakarta

Jika Mangkunegaran memiliki Mangkunegaran Performing Art maka Keraton Kasunanan Surakarta memiliki Keraton Art Festival. Dari ajang ini keraton ingin mempertunjukkan kekayaan warisan budaya baik yang bersifat tangible seperti pusaka atau artefak atau juga kekayaan berupa intangible seperti upacara adat.

Pada Rabu, 12 Juni 2013, pertunjukan ini akan menampilkan Tari Bedhaya Sukoharjo, Tari Golek Sri Rejeki dan Fragmen Kilopo Warno. Sedangkan pada malam kedua akan ada pertunjukan Tari Kirono Ratih, Tari Wireng Tohjoyo Bugis, Tari Bondan Kendhi dan Fragmen Kusumo Yudo. Pertunjukan tari di kedua malam tadi akan dimulai dari jam 7:30 malam dan terbuka bagi umum.

13 – 16 Juni 2013, Kamis – Minggu, Pameran Seni Rupa “Complication Syndrome of Art” di Galeri Seni Rupa TBJT

Dua kelompok akan bersanding dalam Pameran “Complication Syndrome of Art” ini yaitu Seni Rupa Murni ISI Surakarta dan Seni Rupa Murni UNS Surakarta. Buka setiap hari selama berlangsungnya pameran dari jam 9 pagi hingga jam 9 malam.

Pembukaan kegiatan pameran akan berlangsung pada 13 Juni 2013 pada jam 7:30 malam dengan menghadirkan beberapa penampilan dari bintang tamu seperti Dominasi Rok Mini, Mr. Sigit, Solo Akustik, dan juga pertunjukan seni. Akan digelar juga beberapa kegiatan pendukung seperti menggambar model bersama pada 15 Juni 2013 dan mural pada 16 Juni 2013. Selain diikuti oleh mahasiswa tahun angkatan 2012 dari Solo (ISI Surakarta, Seni murni FSSR UNS, FKIP Seni rupa UNS), kegiatan ini juga akan diikuti oleh mahasiswa dari ISI Jogjakarta, Universitas Negeri surabaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Semarang, STSI Bandung, dan Universitas Negeri Jakarta.

13 – 16 Juni 2013, Kamis – Minggu, Solo Kampung Art di Benteng Vastenbourg

Seniman-seniman dari dalam kampung kembali akan unjuk kebolehan dalam Solo Kampung Art 2013. Dalam ajang yang juga sebagai peringatan hari jadi Pemerintahan Kota Surakarta ini, pengunjung dapat menyaksikan warna-warni berbagai kesenian yang berkembang dan hidup di dalam perkampungan kota Solo.

15 Juni 2013, Sabtu, Bedah Buku “Keris Kuno ; Estetika, Simbol dan Filsafat” di Balai Soedjatmoko

Penulis buku Arief Syaifuddin Huda adalah seorang peneliti dalam bidang keris. Buku ini berisi berbagai hal dari keris di Jawa pada umumnya, mulai dari sejarah lahirnya keris, estetika, simbol, dan filsafat keris, serta sisi mistik dari keris itu sendiri. Bedah buku ini akan dimulai dari jam 9:30 pagi.

15 Juni 2013, Sabtu, Pentas Teater “Barisan Terik Tempe” Teater Dong di Teater Arena TBJT

masih bersama sutradara Didik Panji, Teater Dong SMA Negeri 7 Surakarta kembali kan tampil membawakan kali ini “Barisan Terik Tempe” karya Joko Bibit Santoso. Pentas akan berlangsung dari jam 7:30 malam hingga selesai.

16 Juni 2013, Minggu, Opera Budaya Nusantara Balekambang di Partinah Bosch, Taman Balekambang

Mulai jam 9:00 pagi.

16 Juni 2013, Minggu, Pergelaran Ketoprak Mahasiswa Wismakarman FSSR UNS di Pendopo Agung TBJT

Kelompok kerja teater tradisional Wismakarman FSSR UNS kembali menggelar pergelaran ketoprak. Kali ini mereka membawakan lakon “Banjir Marus Ing Bumi Tumapel” mulai dari jam 7:00 malam. Sutradara dari pergelaran ini nanti adalah Aryo Tedjo.

16 Juni 2013, Minggu, Wayangan Dalam Rangka Hari Jadi Kota Solo di Balaikota Surakarta

Bersama Ki H. Manteb Soedharsono

17 Juni 2013, Senin, Clas Mild Clasoundsation di Lapangan Kota Barat

Acara Clasoundsation akan digelar dari jam 3:00 sore hingga jam 11:00 malam. Dalam event musik ini akan tampil Gigi. Acara digelar gratis untuk penonton usia 18 tahun ke atas.

18 Juni 2013, Selasa, Lesehan Keroncong Asli di Pendopo Agung TBJT

Lesehan Keroncong Asli datang kemabali kali ini bersama OK GITA MAHKOTA DPRD Surakarta pimpinan Drs. Heri Jumadidan OK BINTANG KLATEN pimpinan Marno Jali. Seperti biasa pertunjukan musik keroncong ini dapat disaksikan dari mulai jam 8:00 malam hingga selesai.

19 – 21 Juni 2013, Rabu – Jum’at, Pesta Seni Rakyat Jawa Tengah 2013 di Pendopo Agung TBJT

Pertunjukan seni dan tradisi dari berbagai kawasan dalam provinsi Jawa Tengah kembali akan digelar di Pendopo Agung TBJT. Dalam Pesta Seni Rakyat Jawa Tengah pengunjung dapat menyaksikan berbagai suguhan menarik berupa tari-tarian atau pertunjukan tradisional dari berbagai daerah di Jawa Tengah. Kegiatan ini dijadwalkan dimulai setiap hari selama penyelenggaraan dari jam 7:30.

19 – 23 Juni 2013, Rabu – Minggu, Java Expo 2013 di Pergelaran Keraton Surakarta

Seperti namanya, expo ini digelar untuk mengkolaborasikan sektor pariwisata dengan perdagangan dan investasi. Pameran nasional ini biasa diikuti oleh peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

21 JUNI 2013, JUM’AT, TRADISI DALUNGAN DI DUSUN DALUNGAN, DESA MACANAN, KEBAKKRAMAT, KARANGANYAR

TRADISI DALUNGAN DI DUSUN DALUNGAN DIKATAKAN RUTIN DIGELAR SETIAP JUM’AT LEGI DI BULAN RUWAH. MAKA TRADISI BERSIH DESA INI AKAN JATUH PADA 21 JUNI 2013. TEMUKAN INFORMASI LEBIH LENGKAP TENTANG LETAK, WAKTU, DAN PROSESI SERTA KEUNIKAN TRADISI INI DENGAN MENG-KLIK TAUTAN PADA ARTIKEL INI.

21 Juni 2013, Jum’at, Keroncong Bale OK Congor Sakpenake Yogyakarta di Balai Soedjatmoko

Seperti biasa, bulan ini Keroncong Bale dapat dihadiri mulai jam 7:00 malam di Balai Soedjatmoko. Bulan Juni akan ada OK Congor “Sakpenake” dari Yogyakarta pimpinan Surasa Khocil Birawa. Yang istimewa dari orkes keroncong ini adalah konsep gelaran mengembangkan spirit musik keroncong dengan membawakan lagu agar bisa menarik kalangan muda menikmati musik keroncong. Komposisi personil yang datang dari latar belakang pemusik keroncong, band, pelawak dan penyanyi membuat orkes ini mampu melakukan berbagai inofasi dalam bermusik.

21 Juni 2013, Jum’at, Pergelaran Sendratari Ramayana di Panggung Terbuka Taman Balekambang

22 Juni 2013, Sabtu, Sholawat Akbar Habib Syech Assegaf di Koridor Jalan Jenderal Sudirman

Sholawat akbar ini merupakan peringatan HUT Pemkot Solo ke 67. Panitia mengundang 50.000 jemaat yang akan ditempatkan dari Tugu Pamandengan depan balaikota sampai dengan bundaran Gladag. Kegiatan ini akan berlangsung dari jam 7:00 malam namun koridor Jensud mulai ditutup mulai jam 5:00 sore.

22 Juni 2013, Sabtu, Diskusi Novel Grafis di Balai Soedajtmoko

Mulai jam 7:00 malam.

22 Juni 2013, Sabtu, Temu Mahasiswa Puisi dan Monolog di Sanggar Seni Kemasan, Kepatihan Kulon

Sanggar Seni Kemasan mempersembahkan acara Temu Mahasiswa Puisi dan Monolog yang akan diramaikan oleh penampilan dari perwakilan ISI Surakarta, Teater Teras UNIVET Sukoharjo, Teater Gadang UNS, Unnes Semarang, ISI Jogjakarta, UPKD FKIP UNS, Serikat Gitar Salatiga featuring Rony, dan penampilan spesial dari Sosiawan Leak. Acara ini akan dimulai dari jam 7:00 malam. Info lebih lanjut hubungi Lukman: 0856 4243 2791.

23 Juni 2013, Minggu, DNS#13 Charity Event “Special Charity Moment from “us” to “them”" di Plasa Sriwedari.

Berlangsung berbarengan dengan Car Free Day kegiatan ini juga akan diramaikan oleh Sisi Selatan, Sanders Hates Chickens, Move To Hand, The Jailbreak, The Pink Sweet, Fisip Meraung, SKH8BIT, dan Devil Game. DNS#13 juga mengundang untuk berdonasi untuk disumbangkan kepada PANTI ASUHAN HAJJAH PATTISAH PAJANG. Info lebih di Aref: 089664211130.

DNS#13 yang biasa muncul saat menggelar perhelatan festival musik cadas kali ini menggelar charity moment.

24 Juni 2013, Senin, Pentas Teater Wisanggeni Gugat” Sanggar 28 Terkam Jogja di Teater Arena TBJT

Pertunjukan teater kota Solo kembali berwarna dengan kehadiran kelompok teater dari kota Jogja untuk tampil di Teater Arena membawakan lakon “Wisanggeni Gugat”. Naskah lakon ini adalah karya Ali Safaat dengan sutradara Berry Sanjaya. Pentas teater modern ini dapat disaksikan dari jam 7:30.

24 – 29 Juni 2013, Senin – Sabtu, Pameran Seni Rupa Mamiwita di Balai Soedjatmoko

Mamiwita ialah kelompok grafis yang beranggotakan empat alumnus Seni Rupa UNS tahun 2008. Kelompok Mamiwita terbentuk pada tahun 2009. Keempat anggota Mamiwita adalah Kharisma HI, Sutarmi, Webi Fityu, dan Febrian Norita. Pameran Seni Rupa Mamiwita ingin mensosialisasikan seni grafis murni dengan teknik tradisional cukilan kayu yang memiliki ciri khas berbeda dengan teknik cetak lainnya.

25 JUNI 2013, SELASA, TRADISI SADRANAN DI DESA SUKOBUMI, CEPOGO, BOYOLALI

BIASA BERLANGSUNG DARI TANGGAL 15 BULAN RUWAH HINGGA AKHIR BULAN RUWAH. NAMUN BEBERAPA TAHUN TERAKHIR RUTIN DIGELAR PADA TANGGAL 16 BULAN RUWAH. TEMUKAN KEUNIKAN TRADISI INI DAN INFORMASI LEBIH LENGKAP DENGAN MENG-KLIK TAUTAN INI.

25 Juni 2013, Selasa, Djarum Super RockAdventure 2013 with Burgerkill di GOR Manahan

25 Juni 2013, Selasa, Pentas Drama Realis Bahasa Jawa “Luweh” di Taman Waridi, Kepatihan Artspace

Mulai dari jam 7:30 malam, penonton tidak hanya dapat menyaksikan penampilan pentas lakon “Luweh” naskah karya dan sutradara Bayu Gendhut yang dibawakan oleh Teater Tiban Surakarta yang mayoritas anggotanya digawangi oleh para alumnus Teater Jejak ISI Surakarta. Akan ada juga sajian Tari Kelono Topeng dari Susi Solo, pembacaan puisi oleh Tafsir Huda, dan Geguritan oleh Ririn Pagupon.

25 Juni 2013, Selasa, Pameran Seni Rupa dan Pertunjukan “Teng Teeng!” di Stupit Art Space

Pembukaan mulai dari jam 3:00 sore. Stupit Art Space beralamat di Jln. Surya 3 No. 10 Rt 2/25, Panggung Rejo, Jebres Tengah, Belakang Kampus UNS.

25 Juni 2013, Senin, Pentas Produksi ke-2 Teater Canthing Unisri “Nyanyian Kardus” di Ruang Seminar Unisri Lantai 3

Naskah karya Puntung CM Pudjadi dan sutradara Aan Kenthut. “Nyanyian Kardus” adalah drama kehidupan kaum terpinggirkan. Pentas drama ini dapat disaksikan dari jam 7:30 malam.

25 Juni – 2 Juli 2013, Senin – Selasa, Temu Dalang Bocah di Pendopo Agung TBJT

Temu 125 dalang anak dari 25 kota. Kegiatan dibagi dalam dua sesi yaitu siang dari jam 9:00 pagi hingga 5:00 sore dan malam dari jam 7:00 malam hingga jam 11:30 malam.

26 Juni 2013, Rabu, A Soundversity di GOR Manahan

Mulai dari jam 1:00 siang.

26 Juni 2013, Rabu, Pentas Teater “Solo Mime Parade” di Teater Arena TBJT

“Solo Mime Parade” akan dibawakan oleh lima kelompok teater yaitu Teater SIRAT; Teater TESA FSSR UNS, Teater TERAS, Teater LUGU, dan Teater CEKAL. Penampilan kelima kelompok teater dalam membawakan lakon ini dapat disaksikan mulai dari jam 7:30 malam.

26 – 30 Juni 2013, Rabu – Minggu, Art Exhibition Euforia Urban di Kepatihan Artspace

Pembukaan jan 7:30 malam

27 Juni 2013, Kamis, Parkiran Jazz di Balai Soedjatmoko

Mulai jam 7:00 malam.

27 Juni 2013, Kamis, Pentas Teater “Sulasih Sulandana” Teater Perisai di Teater Arena TBJT

“Sulasih Sulandana” adalah naskah teater karya Widiyono sementara kelompok Teater Perisai adalah kelompo pekerja seni dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Sutradara pertunjukan teater kali ini adalah Edi Romadhon. Pentas kelompok dari luar kota Surakarta ini dapat dihadiri mulai dari jam 7:30 malam.

27 Juni – 1 Juli 2013, Kamis – Senin, Pameran Wayang Beber di Galeri Seni Rupa TBJT

Kembali lagi warga kota Solo akan dapat menikmati suguhan pameran Wayang Beber kali ini mengambil lokasi di TBJT. Karya-arya dari Hermien Istiariningsih dari Solo kali ini yang akan dipamerkan. Pameran ini akan dibuka dari jam 9:00 pagi hingga jam 9:00 malam selama diberlangsungnya pameran.

28 Juni 2013, Jum’at, Pentas Drama Realis Bahasa Jawa “Luweh” di Gang Gontai, Sawahan, Rt 1/4 Rw 10 Sangkrah

Pentas kedua “Luweh” dimulai dari jam 7:30 malam, penonton tidak hanya dapat menyaksikan penampilan pentas lakon “Luweh” naskah karya dan sutradara Bayu Gendhut yang dibawakan oleh Teater Tiban Surakarta yang mayoritas anggotanya digawangi oleh para alumnus Teater Jejak ISI Surakarta. Akan ada juga sajian Tari Kelono Topeng dari Susi Solo serta penampilan accapela Kurowo Voice.

29 Juni 2013, Sabtu, Solo Batik Carnival 2013 atau SBC 2013 di Sepanjang Slamet Riyadi

Inilah karnaval yang paling ditunggu dan paling terkenal dari kota Solo, SBC atau Solo Batik Carnival. Karnaval yang menggunakan batik sebagai media utama dalam tiap kostum yang dikenakan peserta selalu menghadirkan berbagai kreasi kostum baru dalam tema yang baru tiap tahunnya. Jalan Slamet Riyadi menjadi panggung bagi peserta yang datang dari golongan usia anak-anak hingga dewasa untuk memamerkan kostum mereka.

Selain parade kostum, penampilan peserta yang biasa diiringai musik juga dipadu dengan tarian. Solo Batik Carnival terakhir digelar pada malam hari dengan titik start dari dalam Stadion Sriwedari hingga finish di Balaikota Surakarta.

29 Juni 2013, Sabtu, We Trust! Defenders of SuROCKarto Music Concert #3 di Auditorium RRI

Mulai dari jam 7:00 malam hingga jam 12:00 malam dalam pertunjukan ini akan tampil S.O.P, Fast, Stuntmen, Scootled, Garis Miring, dan Bues Brother Solo.

30 Juni 2013, Minggu, Frame of Solo (FOS) Photo Contest

FOS adalah kompetisi fotografi nasional yang dibuka untuk umum. Tidak jauh-jauh dari nama kompetisinya, kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan apresiasi warga terhadap kekayaan kota Solo. Lomba foto ini digelar untuk memeriahkan hari jadi Kota Solo dan hadiah yang diperebutkan bernilai total puluhan juta rupiah sekaligus berhak atas piala bergilir Walikota Surakarta.

Selain kegiatan yang tercantum dalam Agenda Acara Kota Solo Bulan Juni 2013 di atas, terdapat juga beberapa kegiatan yang dapat dikunjungi seperti pertunjukan wayang orang di Gedung Wayang Orang Sriwedari atau pentas ketoprak di Gedung Kesenian Balekambang. Selain itu juga ada panggung hiburan di THR Sriwedari yang dapat anda akses setiap saat.

Atau, temukan beberapa upacara adat atau tradisional yang digelar di kawasan Solo Raya yang ingin anda kunjungi pada tautan berikut ini!

Sponsored Links

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>